May 12, 2016



Judul: Blogging: Have Fun and Get The Money
Penulis : Carolina Ratri
Editor : Herlina P Dewi
Proof Reader: Weka Swasti
Desain Cover : Teguh Santosa
Layout Isi : Arya Zandi
Penerbit : Stiletto Book
ISBN : 978-602-7572-44-7
Cetakan : Pertama - Desember 2015
Jumlah Halaman : 245
Harga : Rp. 65.000

Blurb
Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerjasama job review.

Namun untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup.

Buku ini membahas berbagai tip, seperti:
  • Menentukan tema blog
  • Mencari ide tulisan
  • Mempelajari teknik menulis yang baik
  • Mempercantik tampilan blog
  • Cara mendapatkan job review
  • Cara kerja google Adsense
  • Memopulerkan blog dengan SEo dan media sosial
  • Sampai, profil para blogger senior
Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding.

Kesan
Blogging: Have Fun and Get The Money adalah buku mengenai blog yang pertama saya miliki, baca dan praktikkan. Praktik adalah alasan yang membuat saya sampai saat ini belum bisa selesai melahap buku bergizi ini. Baca sedikit, merasa ditampar (terutama masalah niche), elus-elus pipi dulu, kemudian mengangguk karena pertanyaan-pertanyaan saya selama ini terjawab, lalu mencoba mempraktikkan banyak hal yang belum saya ketahui.

Walaupun membahas tentang SEO -bagi saya ini adalah ilmu kelas atas- sejak awal penulis juga tidak lupa mengingatkan tentang dasar dari sebuah blog, yaitu tulisan, bagaimana menulis dengan baik hingga pada akhirnya berpotensi "mendatangkan uang" tetapi juga harus tetap menjadikan pembaca sebagai prioritas.

Buku ini memberikan saran, alasan dan tip kepada pembaca atas apa yang seharusnya dilakukan. Ibarat memberi instruksi, tapi instruksi tersebut disertai dengan alasan mendalam, tidak lupa juga dengan memberikan cara-caranya, sebaiknya melakukannya dengan cara ini, alamat webnya ini. Well, membacanya menyenangkan sekali, bagaimana saya tidak merasa "terbujuk" untuk segera praktik? Apalagi petunjuk-petunjuknya mudah dimengerti.:D

Plus
- What-why-this way. Saya menyukai alur tulisan buku ini.
- Banyak memberikan "resep rahasia" yang bermanfaat sekali untuk blogger dan tentunya output dari blogger itu sendiri.

Saran
Setelah membaca mengenai niche blog, saya kemudian berharap ada tip dari penulis mengenai blog yang sudah terlanjur menyandang lifestyle blog, sudah pernah baca sih artikel dari blogger lain, tapi ekspektasi saya tinggi terhadap ilmu dari penulis. Atau blog yang ada memang harus dibuatkan blog lain sesuai kategorinya? *Ini sih bisa saya tanyakan langsung ke penulisnya, responsif soalnya. Tapi mungkin bisa ditambahkan saat cetakan kedua? :D*

Nilai
4,5 dari 5

Tagged: , ,

4 comments:

  1. Kalau untuk niche buku, kira2 apa aja yang dibutuhin, ada ga mba di buku ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang membahas blog buku tersendiri mba, cuma ga spesifik seperti yang Mba Ipeh tanyakan, bahasnya secara umum aja, tapi IMHO akan penting juga untuk tahu jenis-jenis nichenya bagi yang sudah spesifik punya niche sperti Mba Ipeh.. biar "keep on track" kalau istilah Mba Carra ;)

      Delete
  2. Hmm,Niche blog.. saya jg masih acak adut ttg ini. Ada blogger katanya yg sampe menyortir blognya demi niche itu. Huaaaa, ndak sanggup rasanya klo harus spt itu.

    Btw ini sdh adami jg ini buku di rumah,tp itu bacanya masih blm tuntas, lompat2 malah

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya sudah baca. Semoga praktiknya lancar :)

    Untuk lifestyle blog, nggak ada salahnya kok menjadi seorang lifestyle blogger :) Yang penting kategorisasi blognya yang rapi, jadi jelas topik-topiknya.

    Keep blogging ya :)

    ReplyDelete

Annyeong chingudeul ^^
Jangan lupa tinggalin komentar ya..
Secepatnya bakal dibales ;)