May 12, 2015

Good Morning...

Nonton TV, ketemu film yang baru mulai main. Saya putuskan nonton beberapa menit untuk identifikasi cepat, kalau menarik lanjut, kalau tidak menarik ganti channel.. Dan ternyata saya setia nonton sampai akhir walaupun merasa asing dengan semua pemainnya, saya putuskan lanjut nonton soalnya adegan-adegan menegangkannya intens sekali, karakter tokoh utamanya juga menarik.

 Gambar diambil dari sini
Pemeran dan Watak
Tom Hanks sebagai Richard Phillips : Bijak, tenang dan punya karakter pemimpin yang kuat
Barkhad Abdi sebagai Abduwali Muse : Kapten Perompak, tidak mudah percaya orang lain
Faysal Ahmed sebagai Najee : Anggota perompak yang kejam, tidak sabaran.
Barkhad Abdirrahman sebagai Bilal : Anggota perompak paling muda, sebenarnya baik hanya saja tuntutan kehidupan membawanya menjadi perompak.
Mahat M. ali sebagai Elmi : Anggota perompak yang bertugas sebagai nahkoda, tenang.

Sinopsis
Film yang dirilis Oktober tahun 2013 ini diangkat dari kisah nyata yang ditulis menjadi sebuah buku berjudul A Captain's Duty. Menceritakan kisah  antara hidup dan mati seorang kapten kapal Maersk Alabama, kapal kargo berbendera Amerika Serikat yang membawa makanan dan bahan-bahan pertanian untuk kegiatan kemanusiaan.

Dalam perjalanannya kapal ini dibajak oleh perompak Somalia. Menegangkan.. Kalau didarat, bayangkan rumah yang ada di tempat yang jauh dari mana-mana, tanpa tetangga dan kita menyaksikan sendiri rumah kita dimasuki 4 perampok bersenjata api, masuk satu per satu tanpa kita bisa berbuat banyak. Eh..kalau di darat sih masih bisa kabur ya? Lha kalau di tengah laut mau kemana? Stuck!! Apalagi saat perompak-perompak ini berhasil memasuki kapal dan mengancam akan membunuh 1 orang tiap 1 menit, kapten menjaga awaknya agar tetap selamat, mencoba bernegosiasi dengan bersikap tenang, hati-hati dan terus berusaha mengulur waktu  bahkan dengan menawarkan seluruh isi brankas yang mereka punya, namun para perompak ini tidak puas hanya dengan 3.000 USD dan ingin uang yang lebih banyak lagi. Jadi mereka mencari awak kapal untuk disandera.
Gambar diambil dari sini
Film ini tidak hanya menyuguhkan aksi-aksi menegangkan yang cukup intens, tapi juga mengharukan, dimulai saat kapten menyuruh awaknya untuk bersembunyi dan bilang "Good Luck" saya seperti mau menangis*Cengeng yah?Haha.. Tapiii..sepertinya saya memang cengeng karena diakhir film saya akhirnya memang menangis.

Kok menangis? Bad ending kah? Nonton deh..

Oh iya, ditengah banyak aksi menegangkan ada 1 perompak yang bikin saya tertawa walaupun dia sedang marah, Najee. Najee ini saking kejamnya sudah seperti cewek yang sedang PMS, jangankan sengcok, dia mah nacok.. nanya dikiiiit aja bisa kena bacok ama dia, sekalipun yang nanya kapten perompaknya.. Muse mah kalah kejam ama Najee :D

Hikmah/Pesan Moral
Awal menonton film ini saya sebenarnya bertanya-tanya, kenapa judulnya fokus ke Captain Philipps? Apa yang hebat dari seorang Captain Philipps? Dan ternyata terjawab sedikit-demi sedikit dan dipertegas diakhir cerita. Mengenai sifat pemimpin, yang hati-hati, tenang, tegar sekaligus berani dan indeed... dia (sebagai pemimpin) juga manusia yang tak adil dinilai hanya melalui tatapan sesaat. Mungkin keteladanan sikaplah yang harus kita tiru dari seorang Captain Phillips melalui film ini.

Minusnya Film ini
Dalam film tidak ada minusnya untuk saya, hanya saja saat mencari info lebih banyak tentang film ini saya membaca beberapa kontroversi tentang sosok asli Captain Phillips di kehidupan nyatanya. Terlepas dari itu, film ini diproduksi dengan baik, saya sampai tidak mengenali sosok Tom Hanks yang bercambang keputihan di film ini saking tegangnya.

So, kalau teman-teman suka dengan genre thriller coba nonton film ini..

Tagged: , , ,

10 comments:

  1. waktu itu nonton pas lg disiarin HBO. seruuu yaaa...gila itu yg jd perompak nya kyk beneran..aktingnya suka de..jgn2 mantan perompak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixi.. Iya, mereka dapet banget perannya.. Makanya si Kapten perompaknya itu dapat penghargaan.. ^^

      Delete
  2. Jadi penasaran sama filmnya mak. Kalo yg meranin Tom Hanks dijamin total ya Mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess..total banget.. cambangnya asli kayaknya ya?

      Delete
  3. Jadi pengen nonton. Aku suka film2 Tom Hanks :))

    ReplyDelete
  4. karena diambil dari kisah nyata, jadi banyak pelajaran yang bisa dipetik mak...dan kebayang kan situasi aslinya :)..aku suka juga film ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener... waktu nonton ga nyangka juga kalau film ini dari kisah nyata..

      Delete
  5. Aku belom pernah nonton, Mbak.. :(

    ReplyDelete

Annyeong chingudeul ^^
Jangan lupa tinggalin komentar ya..
Secepatnya bakal dibales ;)